Iklan
Iklan





Bilbao – Angka penuh berhasil dibawa pulang Real Madrid usai unggul 2-1 di markas Athletic Bilbao. Kemenangan itu membuat Madrid membuka jarak di papan klasemen.

El Real tetap di peringkat teratas dengan mengumpulkan 65 poin hasil 27 kali bertanding, menang lima poin dari musuh terdekatnya The Catalans, dan delapan poin dari Sevilla di posisi ketiga. Sedangkan Bilbao belum beranjak dari peringkat tujuh dengan 44 poin.

Pada matchday di San Mames, Sabtu (18/3/2017), Madrid berhasil mengungguli Bilbao di babak pertama. Karim Benzema menjadi pembeda dengan mencetak gol pembuka untuk membawa Los Blancos menang 1-0.

Setelah turun minum, Bilbao menyamakan kedudukan setelah ujung tombak veteran Aritz Aduriz menciptakan gol balasan di menit 65. Namun, Madrid langsung merespons dengan melahirkan gol keduanya melalui Casemiro yang menentukan hasil akhir matchday.

Jalannya Matchday

Kedua tim saling jual beli serangan di menit-menit awal. Di menit 10, Ronaldo menjebol gawang Bilbao dari jarak dekat yang diawali dari serangan balik cepat. Namun, gol dianulir karena Ronaldo berada di dalam peringkat offside.

Bilbao merespons enam menit kemudian. Dari tendangan bebas di sayap kiri, Raul Garcia meneruskan kepada Yeray di depan gawang. Tapi sebelum Yeray menjangkau bola, Keylor Navas lebih dulu menghalaunya.

Di menit 20, Madrid nyaris menciptakan gol pembuka. Tembakan bebas Toni Kroos disambut Sergio Ramos dengan diving header, tapi bola masih melenceng.

Gol yang ditunggu-tunggu Madrid akhirnya tercipta lima menit kemudian. Karim Benzema membawa Madrid di depan setelah menyelesaikan umpan mendatar Ronaldo, yang menerima umpan panjang Kroos.

Setelah membuka keunggulan, Madrid lebih mengendalikan permainan tapi kesulitan menciptakan peluang sampai paruh matchday. Skor 1-0 untuk keunggulan Madrid tetap bertahan.

Setelah turun minum, ancaman Madrid terus digencarkan. Di menit 52, Benzema memperoleh umpan di tiang jauh yang diteruskan dengan tembakan dari jarak dekat untuk diselamatkan Kepa. Akan tetapi, bendera hakim garis diangkat tanda offside.

Sepuluh menit kemudian Bilbao memaksa Navas melakukan penyelamatan gemilang. Kerjaama Inaki Williams dengan Oscar De Marcos di akhiri dengan tembakan dari dalam kotak, tapi bola bisa ditangkap.

Bilbao akhirnya mampu menciptakan gol balasan di menit 65. Dari umpan silang Williams di sisi kiri benteng Madrid, bola disundul Raul Garcia ke tengah gawang. Aritz Aduriz menyelesaikannya dengan sundulan yang tak kuasa dihentikan Navas. Skor kini 1-1.

Kedudukan seimbang tersebut hanya seumur jagung. Tiga menit kemudian, Madrid kembali memimpin setelah Casemiro mencetak gol kedua untuk menjadikan skor 2-1.

Dari corner kick yang dilakukan Kroos, bola disundul Ronaldo didalam kotak yang menemui Casemiro dalam peringkat bebas tidak terkawal. Dengan mudah Casemiro melakukan sontekan.

Madrid membuang peluang untuk menghabisi matchday. Di menit 72, sepakan Marcelo dari jarak dekat melambung setelah menerima bola rebound tembakan Ronaldo.

Di 10 menit terakhir matchday, Madrid lebih berkonsentrasi untuk menjaga keunggulannya. Balenziaga mengirim umpan silang dari sisi kiri tapi penanggulangan De Marcos terlalu lemah sehingga dengan gampang diamankan Navas.

Setelahnya Williams menari di kotak penalti Madrid sebelum melepaskan sebuah umpan ke tengah kotak. Sayangnya, tidak ada pemain Bilbao lain yang bisa menjangkau bola.

Memasuki injury time, tendangan bebas Markel Susaeta membentur pagar hidup Madrid. Muniain meneruskan dengan sebuah umpan terobosan, tapi Williams yang menerima bola dalam peringkat offside.

Susunan Pemain

ATHLETIC BILBAO: Kepa; De Marcos, Yeray, Laporte, Balenziaga; Benat (Mikel Rico 80′), Iturraspe; Inaki Williams, Raul Garcia (Susaeta 86′), Lekue (Muniain 59′); Aduriz

REAL MADRID: Navas; Dani Carvajal, Nacho, Sergio Ramos, Marcelo; Modric (Lucas Vazquez 62′), Casemiro, Kroos; Bale, Benzema (Morata 85′), Ronaldo (Isco 75′)

(rin/raw)


Iklan