Iklan
Iklan





Valencia – Duel dua tim teratas La Liga antara The Catalans dan Valencia berakhir seri. Diwarnai kontroversi terkait gol Lionel Messi, Barcelona dan Valencia berbagi angka 1-1.

Dalam matchday di Estadio de Mestalla, Senin (27/11/2017) dini hari WIB, Valencia memimpin lebih dulu lewat gol Rodrigo di menit ke-60. Barcelona kemudian selamat dari kekalahan berkat gol Jordi Alba di menit ke-82.

Kontroversi sempat terjadi di babak pertama. Gol Lionel Messi dianulir oleh wasit meski bola terlihat sudah melewati garis gawang sepenuhnya.

Dengan hasil ini, Barcelona masih memimpin klasemen dengan 35 poin dari 13 matchday. Sementara Valencia yang juga belum terkalahkan ada di posisi kedua dengan 31 poin.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Matchday

Matchday berjalan dalam tempo tinggi sejak menit-menit awal. Valencia dan The Catalans saling bergantian melancarkan serangan.

Penetrasi langsung dilancarkan Barcelona. Di menit keempat, Paulinho mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi Neto bisa menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan sudut untuk Barcelona.

Meski laga berjalan dalam tempo tinggi, tak banyak peluang bersih yang tercipta dari kedua tim hingga laga berjalan setengah jam.

Drama lantas terjadi di menit ke-30. Momen bermula dari sepakan Lionel Messi yang coba ditangkap Neto. Bola terlepas, bergulir ke arah gawang, dan dihalau keluar oleh Neto.

Messi sempat melakukan perayaan karena mengira dirinya telah mencetak gol. Tapi wasit menilai tak ada gol dan permainan terus berjalan.

Dari sana, Valencia melakukan serangan balik. Namun pemecahan akhir Rodrigo masih menyamping tipis dari gawang Barcelona. Para pemain Barcelona kemudian melakukan protes kepada wasit terkait gol Messi tapi wasit tetap pada keputusannya. Dari siaran ulang, bola terlihat telah melewati garis gawang.

Laga berlanjut, Barcelona mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti di menit ke-32 menyusul pelanggaran Geoffrey Kondogbia kepada Messi. Messi melepaskan tendangan ke arah pojok kiri bawah, tapi Neto bisa membaca arah bola dan mengamankannya.

Babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Valencia langsung menggebrak. Tapi tendangan Simone Zaza masih melebar dari gawang Barcelona.

Valencia akhirnya membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-60. Umpan ke depan gawang dari Jose Gaya yang bergerak dari sisi kiri disontek oleh Rodrigo.

Barcelona langsung merespons. Ada dalam peringkat tertinggal, Barcelona meningkatkan intensitas serangan.

Serangan Barcelona akhirnya membuahkan hasil di menit ke-82. Umpan Messi dari luar kotak penalti dituntaskan dengan sempurna oleh Jordi Alba.

Berhasil menyetarakan skor, Barcelona meneruskan tekanannya. Barcelona mendapat tendangan bebas dari sisi kanan, tapi bisa dihalau Gabriel dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Dari corner kick itu, tandukan Luis Suarez masih melambung di atas mistar gawang.

Di menit-menit akhir masa injury time, justru Valencia yang mendapat peluang bagus. Andreas yang bergerak di sisi kanan kemudian melepaskan tembakan tapi hanya mengenai sisi samping gawang.

Zaza juga menyia-nyiakan peluang di detik-detik terakhir. Mendapat umpan dari Guedes dari sisi kanan, Zaza yang berdiri relatif bebas justru tak mampu mengarahkan tendangannya ke gawang. Sepakannya melambung di atas mistar dan tak lama kemudian wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Valencia: Neto, Montoya, Gaya, Gabriel, Garay (Vezo 86′), Parejo, Kondogbia, Guedes, Soler, Zaza, Rodrigo (Pereira 81′)

The Catalans: Ter Stegen, Umtiti, Semedo (Vidal 80′), Vermaelen, Alba, Paulinho, Iniesta (D Suarez 72′), Rakitic (Deulofeu 68′), Busquets, Messi, L Suarez

(nds/mrp)


Iklan