Iklan
Iklan





Madrid – Jan Oblak tampil luar biasa ketika Atletico Madrid bertekuk lutut 0-1 dari Sporting CP. Sang penjaga gawang dianggap pantas mendapat cek kosong demi bertahan di sana.

Pada leg kedua perempatfinal Europa League yang dihelat di Lisbon, Jumat (13/4/2018) tersebut, Atletico tak tampil maksimal. Mereka tunduk 0-1 namun tetap tetap lolos ke semifinal karena unggul agregat 2-1.

Jika ada satu pemain yang pantas diberikan kredit, dia adalah Oblak. Penjaga gawang Slovenia ini menjadi pahlawan Atletico di leg kedua dengan beberapa aksi menawannya.

Total Oblak membuat enam penyelamatan, menurut data Whoscored. Ia membuat penyelamatan kelas dunia kejadian menghentikan peluang Sebastian Coates, pun dua kali menepis peluang Bryan Ruiz. Tanpa Oblak, Atletico sangat bisa tunduk lebih dari 0-1.

Performa Oblak beberapa tahun terakhir memang berkembang pesat. Ia tak tergantikan di urutan utama penjaga gawang Atletico. Dia melanjutkan tradisi penjaga gawang kelas dunia yang acap dikembangkan Atletico beberapa tahun terakhir.

Oblak pun sudah jadi incaran klub-klub besar Eropa, di antaranya Paris Saint Germain dan The Reds. Menurut Koke, Atletico harus melakukan upaya maksimal untuk menjaga sang penjaga gawang di Wanda Metropolitano. Bahkan kalau perlu memberinya cek kosong.

“Oblak sudah terbiasa di laga-laga seperti ini. Laga-laga di level tertinggi. Saya berharap dia menjaga kualitasnya hingga akhir musim. Saya akan menyumbang cek kosong untuk dia,” ucap Koke kepada BeIN Sports dikutip dari Express.

Kontrak Oblak berjalan hingga 2021. Tapi tak akan mudah bagi Atletico mempertahankannya, apalagi mereka punya catatan buruk soal keberhasilan menjaga penjaga gawang utama. Yang bisa dilihat pada kasus David de Gea dan Thibaut Courtois.

(din/cas)




Iklan