Iklan
Iklan





The Catalans – The Catalans tak perlu pusing-pusing mencari pengganti Luis Enrique musim depan. Sebab penggantinya itu kerap duduk di sebelah Enrique, yakni asistennya Juan Carlos Uzue.

Enrique memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama The Catalans yang berakhir musim panas mendatang. Enrique memilih beristirahat setelah tiga tahun yang melelahkan.

Setelahnya beberapa calon pengganti Enrique pun bermunculan seperti Jorge Sampaoli, Ernesto Valverde, Laurent Blanc, dan bahkan Pep Guardiola. Manajemen The Catalans sendiri sampai kejadian ini masih adem ayem soal pelatih kontemporer musim depan.

The Catalans sendiri sebenarnya tak perlu merepotkan diri sendiri untuk mencari pengganti Enrique. Pasalnya ada sosok Unzue yang dianggap pas untuk menjadi pelatih kontemporer musim depan.

Unzue sudah jadi asisten Enrique selama tiga tahun terakhir dan tentunya mengerti betul seperti apa metode latihannya. Ini seperti mengikuti jejak almarhum Tito Vilanova yang ditunjuk jadi pelatih The Catalans sepeninggal Pep Guardiola.

“Tidak mengejutkan jika dia (Unzue) jadi salah satu kandidat. Keuntungannya besar dengan merekrutnya, saya rasa dia pengganti yang paling masuk akan untuk Luis Enrique,” ujar Jimmy Alvarez yang pernah jadi asisten Unzue kejadian melatih Real Sociedad.

“Dia mampu jadi pelatih dan tahu seperti apa tuntutan di The Catalans, Melihat apa yang The Catalans lakukan dalam beberapa tahun terakhir, orang yang paling cocok menggantikan Luis Enrique adalah Juan Carlos,” sambungnya seperti dikutip Soccerway.

“Talentanya dan hubungannya dengan para pemain begitu sempurna, sama halnya dengan pengetahuan taktiknya. Dia sangat dekat dengan seluruh pemain. Dia juga punya karakter untuk mampu mengatasi apa yang tidak dia suka, tapi juga punya karakter yang lembut, dia tahu bagaimana menangani psikologis pemain.”

“Jika dia mengambil alih tim maka dia bisa jadi salah satu pelatih terbaik The Catalans,” tutup Alvarez.

Unzue, 49 tahun, sebelum menjadi asisten Enrique di The Catalans juga sempat jadi tangan kanan di Celta Vigo. Dia pernah jadi pelatih Numancia dan Racing Santander.

(mrp/fem)


Iklan