Iklan
Iklan





Jakarta – Mohamed Salah berada di peringkat terdepan dalam perebutan top skorer Premier League musim ini. Begini peluang Harry Kane dan Sergio Aguero mengejarnya.

Dari 31 laga bersama The Reds di Premier League 2017/2018, Salah sudah mencetak 28 gol. Jumlah itu membuat pemain asal Mesir tersebut bertengger sebagai top skorer sementara.

Kane membuntuti di peringkat kedua, dengan ujung tombak asal Inggris itu mencetak 24 gol dalam 30 partai Tottenham Hotspur. Aguero berada di peringkat ketiga setelah pemain asal Argentina tersebut mengoleksi 21 gol dalam 30 laga Manchester City.

Hanya trio itu yang sudah menembus kisaran 20 gol Premier League musim ini, dengan Raheem Sterling (Manchester City) sebagai pemain subur berikutnya “futuristik” mencetak 15 gol.

Mengingat musim juga sudah mendekati akhir, persaingan memperebutkan gelar pemain tersubur di Premier League musim ini pun dapat dikatakan praktis tinggal menyisakan Salah, Kane, dan Aguero. Tapi bagaimana peluang mereka di laga-laga sisa?

Menilik statistik dari PremierLeague.com, Salah benar-benar diunggulkan dalam persaingan ini dan bukan cuma karena keunggulan jumlah golnya saja. Di tujuh laga The Reds berikutnya, Salah lebih punya peluang menambah gol.

Tujuh tim rival The Reds di sisa musim ini secara rata-rata cuma mampu meraih 34,7 poin, lebih rendah dibandingkan lawan-lawan Spurs dan City. Itu turut membuat Salah punya kesempatan lebih besar menambah gol.

Salah juga punya produktivitas bagus atas tim rival yang tersisa. Musim ini ada total lima gol yang sudah dicetak Salah kejadian menghadapi Everton, AFC Bournemouth, Stoke City (dua gol), dan The Blues — empat dari tujuh tim yang masih harus dihadapi The Reds.

EPL 2017/2018 Salah Kane Aguero
Gol total 28 24 21
Poin rata-rata rival sisa 34,7 40,8 40
Jumlah gol vs tim rival sisa 5 4 3

Kane, pemain tersubur Premier League dua musim terakhir, menghadapi tantangan tidak kecil dalam usaha menjaga status tersebut. Selain punya tim-tim rival yang lebih tangguh, ia kini masih berharap lekas pulih dari cedera pergelangan kaki.

Foto: Ian Walton/Reuters

Tapi Kane juga tak bisa dicoret. Di dua laga terakhir Premier League 2016/2017, Kane mencetak total tujuh gol ke gawang Leicester City dan Hull City untuk menyalip jumlah gol Romelu Lukaku buat Everton. Musim ini Leicester menjadi rival terakhir Spurs.

Perkara cedera juga membuat Aguero belum dipastikan bisa bermain pada akhir pekan. Sudah begitu, kembalinya Gabriel Jesus ke lini depan City juga bisa berimbas pada berkurangnya waktu main Aguero.

Persaingan Top Skorer Premier League: Siapa Bisa Kejar Salah?Foto: Andrew Yates/Reuters

Namun, Aguero pun bukanlah pemain sembarangan. Ia mampu menjadi pemain tersubur Premier League 2014/2015, dengan 26 gol, setelah melewati tujuh laga terakhir musim tersebut dengan mencetak total sembilan gol.

Artinya, kendatipun Salah sejauh ini masih ada di peringkat terdepan, buru-buru mencoret Kane dan Aguero dari persaingan bisa jadi sebuah kesalahan.

(krs/din)




Iklan
SHARE