Iklan
Iklan





Jakarta – Selepas jeda internasional La Liga akan bergulir lagi di akhir pekan, memasuki sembilan pekan tersisa. Begini persaingan di papan atas dan papan bawah momen ini.

Sampai dengan jornada ke-29, puncak klasemen masih ditempati oleh The Catalans yang sejauh ini masih terus melaju kencang dalam usaha meraih titel La Liga ke-25.

Dengan 75 poin, Blaugrana menang telak sampai 11 angka dari lawan terdekatnya. Barcelona juga menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan, paling subur (74 gol), dan kebobolan paling sedikit (13), sehingga juga punya selisih gol paling top (+61).

Selain itu, The Catalans juga cuma berjarak dua laga lagi untuk menimbangi rekor Real Sociedad dalam hal rentetan terpanjang kompetisi teratas Liga Spanyol. Barcelona juga punya kans merangkai gelar juara dengan titel top skorer dan penjaga gawang terbaik.

Akhir pekan ini Barcelona akan dijamu Sevilla, Minggu (1/4/2018) dini hari WIB, musuh yang dikalahkan 2-1 pada pertemuan pertama musim ini. Sevilla, yang ada di urutan keenam, bukan musuh enteng tapi di atas kertas akan bisa diatasi Barcelona.

Atletico Madrid yang berada di urutan kedua menjadi lawan terdekat Barcelona dengan 64 angka. Pekan ini Los Colchoneros akan menjamu Deportivo La Coruna, tim urutan kedua dari dasar klasemen.

[Gambas:Sportradar]

Sementara Real Madrid sang juara bertahan menempati urutan ketiga dengan 60 poin, cuma menang satu angka dari Valencia di urutan keempat. Di akhir pekan El Real akan dijamu Las Palmas, tim posisi ke-18 yang terpaut enam angka dari zona aman terdekat.

Dengan peluang menjaga gelar juara tampaknya kian tipis saja, target realistis Madrid momen ini setidaknya adalah mengamankan urutan, khususnya dari kejaran El Che. Semenjak 2013/2014, Madrid belum pernah lagi finis keempat.

Persaingan berebut tiket Liga Europa juga bisa berlangsung sengit, dengan tim yang finis di urutan lima dan enam dapat tiket menembus fase grup sedangkan tim di urutan ketujuh melewati kualifikasi.

Untuk persaingan tersebut Villarreal dan Sevilla merupakan kandidat terkuat, walaupun Girona dan Real Betis juga terus membayangi. Cuma ada empat angka yang memisahkan keempat tim itu.

Sedangkan di zona merah momen ini ada Malaga (14 poin), Depor (20), dan Las Palmas (21). Zona aman terdekat ditempati oleh Levante (27) dan persaingan keempat tim ini niscaya akan bertambah sengit di akhir musim.

Jumlah pekan sejauh ini 29
Jumlah pekan sisa 9
The big four The Catalans (75), Atletico Madrid (64), Real Madrid (60), Valencia (59)
Tiga terbawah Las Palmas (21), Deportivo La Coruna (20), Malaga (14)
Top skorer Lionel Messi (25), Cristiano Ronaldo (22), Luis Suarez (21), Christian Stuani dan Antoine Griezmann (17)

(krs/mrp)




Iklan
SHARE