Iklan
Iklan





Augsburg – Die Roten memastikan gelar juara Liga Jerman 2017/2018. Menyusul kemenangan di kandang Augsburg dengan skor 4-1.

Bertanding di WWK Arena, Sabtu (7/4/2018) malam WIB, Bayern tidak menurunkan skuat terbaiknya. Nama-nama macam Robert Lewandowski dan Mats Hummels bahkan sama sekali tidak dimainkan. Sedangkan Thomas Mueller dan Franck Ribery mutakhir masuk di menit-menit akhir.

Kendati demikian, Bayern tak menemui kesulitan berarti untuk menumpas Augsburg kendati sempat tertinggal lebih dahulu karena gol bunuh diri Niklas Suele. Corentin Tolisso mencetak gol penyama sebelum Bayern berbalik menang berkat gol James Rodriguez yang menyudahi babak pertama 2-1.

Di babak kedua, Bayern menciptakan dua gol tambahan dari Arjen Robben dan Sandro Wagner untuk memastikan gelar juara dengan gaya.

Dengan kemenangan itu, Bayern kini mengoleksi 72 poin menang 19 poin dari lawan terdekat, Schalke. Mengingat kompetisi tinggal menyisakan lima matchday, Bayern Munich tidak akan terkejar sampai akhir musim.

Bagi Bayern, ini adalah titel liga yang ke-28 sepanjang sejarah klub, atau yang keenam berturut-turut sejak 2012/13.

Jalannya Matchday

Augsburg membuat start bagus. Di menit kelima, setelah memenangi bola di lapangan tengah, tim tuan rumah mengancam kejadian sodoran Michael Gregoritsch kepada Caiuby diteruskan dengan sepakan yang melebar tipis dari dalam kotak penalti.

Kesalahan lini belakang Bayern berakibat fatal. Di menit ke-18, Augsburg mampu mencuri gol untuk memimpin 1-0.

Jerome Boateng kehilangan bola setelah dirampas Sergio Cordova, yang diakhiri dengan tembakan keras tapi masih bisa ditepis Sven Ulreich. Namun, bola memantul ke udara dan mengenai Nicklas Suele sebelum masuk ke gawang Bayern.

Augsburg menjadi lebih percaya diri dalam menyerang setelah menang. Namun, satu serangan Bayern cukup untuk membuat gol penyama untuk menyamakan permainan menjadi 1-1 di menit ke-32.

Kimmich mengirim umpan lambung di sisi kanan lapangan, yang menemui Corentin Tolisso di depan gawang tidak terkawal. Dengan mudah Tolisso menyundul bola tanpa bisa dihentikan penjaga gawang Marwin Hitz.

Bayern terus mengancam. Kimmich yang mendapat banyak ruang melakukan tandukan dari jarak dekat meski masih bisa dihalau Hitz. Setelahnya pelanggaran terhadap Kimmich membuat kubu Bayern mengklaim penalti, namun wasit tidak tertarik matchday pun berlanjut.

Bayern akhirnya berbalik menang di menit ke-38. Kerjasama Arjen Robben-Kimmich diterima Juan Bernat dengan sodoran, untuk diselesaikan James Rodriguez di area tiang dekat. Bayern menang 2-1.

Menjelang turun minum, Bayern kembali nyaris menciptakan gol tambahan. Tolisso menerima umpan dari Kimmich yang diteruskan dengan sepakan kencang meski belum dapat melewati Hitz.

Tempo matchday lebih lambat setelah restart. Kesabaran Bayern akhirnya terbayar setelah matchday melewati sejam.

Di menit ke-62, Bayern menciptakan gol ketiga untuk mengungguli Augsburg 3-1. Diawali dari tendangan bebas di sisi kiri lapangan, Hitz bisa menghalau bola. Robben berlari mencecar bola sebelum menceploskan ke sudut bawah gawang.

Menang dua gol tidak membuat serangan Bayern kendur. Wasit menyumbang tembakan bebas kepada Bayern yang dieksekusi Robben dengan sepakan mendatar. Hitz menjatuhkan diri untuk menepis bola di tiang jauh.

Pada 10 menit terakhir, Franck Ribery yang berulang tahun pada hari ini masuk ke lapangan menggantikan Bernat. Thomas Mueller juga mendapatkan menit bermain usai menggantikan Robben.

Bayern melengkapi kemenangannya dengan gol keempat di menit 87. Tendangan penjuru Sebastian Rudy jatuh di kotak penalti dan disundul Sandro Wagner ke sudut jauh di luar jangkauan Hitz.

Susunan Pemain

AUGSBURG: Hitz, Hinteregger, Gouweleeuw, Max, Baier (Janker 89′), Caiuby, Schmid, Koo, Gregoritsch (Moravek 80′), Khedira, Cordova (Richter 63′)

BAYERN MUNICH: Ulreich, Rafinha, Boateng, Juan Bernat (Ribery 82′), Suele, Kimmich, Robben (Mueller 83′), Rudy, James Rodriguez (Javi Martinez 64′), Tolisso, Wagner

(rin/nds)




Iklan