Iklan
Iklan





Roma – Poin penuh didapat AS Roma momen menjamu Sassuolo di lanjutan Serie A. Sempat kebobolan lebih dulu, Roma membalikkan keadaan dan unggul 3-1 atas tamunya itu.

Dalam matchday giornata 29 di Stadion Olimpico, Senin (20/3/2017) dinihari WIB, Roma sempat kewalahan menghadapi serangan Sassuolo. Penetrasi yang dilancarkan tim tamu beberapa kali mengancam gawang tuan rumah.

Roma lantas tertinggal lebih dulu oleh gol cepat Gregoire Defrel di menit kesembilan. Berselang tujuh menit, Roma menyeimbangkan skor lewat tendangan Leandro Paredes dari luar kotak penalti.

Kendati kerap diserang, Roma justru mampu membalikkan keadaan. Di masa injury time babak pertama Mohamed Salah membawa Roma berbalik memimpin setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Stephan El Shaarawy yang digagalkan Andrea Consigli.

Di babak kedua, masuknya Edin Dzeko menambah daya gedor Roma. Hasilnya, penyerang asal Bosnia Herzegovina itu mencetak gol di menit ke-68 untuk memantapkan kemenangan Roma.

Dengan hasil ini, Roma kembali ke posisi dua dengan 65 poin dari 29 matchday. Giallorossi masih tertinggal delapan angka dari Juventus. Sementara itu, Sassuolo turun ke peringkat 15 dengan 31 poin.

Jalannya Matchday

Matchday berjalan terbuka sejak menit awal. Roma sempat mendapat peluang momen laga memasuki menit ketiga. Memanfaatkan backpass yang buruk dari Timo Letschert, Mohamed Salah menyambar bola dan memaksa Andrea Consigli melakukan penyelamatan.

Tak lama berselang, giliran Sassuolo yang mengancam gawang Roma. Umpan Domenico Berardi disambut sepakan kaki kanan Gregoire Defrel. Tapi upaya Defrel itu masih belum tepat sasaran.

Defrel kemudian membuka keunggulan Sassulo di menit kesembilan. Menerima umpan tarik Berardi dari sisi kiri, Defrel yang berdiri bebas di kotak penalti melepaskan tendangan ke pojok kiri atas gawang Roma dan tak bisa dijangkau oleh Wojciech Szczesny.

Hanya berselang beberapa menit, Defrel nyaris kembali membobol gawang Roma lewat skema serangan yang tak jauh berbeda. Tapi kali ini sepakannya masih melebar dari gawang.

Roma sempat menyeimbangkan skor lewat sepakan Salah dari jarak dekat. Tapi gol itu dianulir wasit karena Stephan El Shaarawy ada dalam peringkat offside momen menerima umpan terobosan sebelum mengoper kepada Salah.

Roma akhirnya benar-benar menyeimbangkan kedudukan di menit ke-16. Tembakan keras Leandro Paredes dari luar kotak penalti meluncur deras ke pojok kiri bawah gawang Sassuolo.

Laga terbuka membuat kedua tim bergantian menciptakan peluang. Roma nyaris berbalik menang andai tendangan Emerson Palmieri tak menerpa mistar gawang. Sementara itu, dari serangan balik, Sassuolo mengancam lewat Matteo Politano yang menerima umpan terobosan dari Defrel. Tapi sepakan Politano dihalau Szczesny dengan kakinya.

Serangan Sassuolo beberapa kali membuat Szczesny harus bekerja keras. Penjaga gawang asal Polandia itu menepis sepakan tumit Defrel serta menghalau tendangan Politano.

Tapi justru Roma yang akhirnya berbalik menang. Di masa injury time babak pertama, tuan rumah membalikkan keadaan lewat sepakan Salah dari jarak dekat. Gol ini berawal dari umpan terobosan Federico Fazio yang jatuh ke kaki El Shaarawy. Sepakan El Shaarawy bisa digagalkan Consigli, tapi bola muntah langsung dimaksimalkan oleh Salah.

Di babak kedua, Sassuolo yang tertinggal mengambil inisiatif menyerang. Penetrasi yang dilancarkan tim tamu memaksa Roma lebih banyak bertahan. Tapi lewat serangan balik, Roma sempat mengancam gawang Sassuolo. Hanya saja tendangan kaki kanan Salah ke arah tiang jauh masih melebar dari gawang.

Untuk menambah daya gedor, Roma memasukkan Edin Dzeko di menit ke-60 dan menarik keluar Bruno Peres. Penyerang asal Bosnia itu nyaris langsung memberi dampak, tapi sundulannya meneruskan sebuah tendangan penjuru masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Dzeko kembali menghadirkan ancaman untuk gawang Sassuolo tak lama kemudian. Dia menyambut bola hasil tendangan penjuru dengan tendangan first time. Tapi kali ini Consigli bisa menggagalkannya.

Dzeko pada akhirnya benar-benar membobol gawang Sassuolo di menit ke-68. Dia menuntaskan kerja sama satu-dua dengan Strootman dengan sebuah sepakan kaki kanan.

Kesalahan lini belakang Sassuolo nyaris berbuah gol keempat untuk Roma. Bola operan Cristian Dell’Orco yang tidak sempurna memberi kesempatan kepada Dzeko untuk mencetak gol. Tapi tendangan Dzeko diblok oleh Consigli.

Roma pada akhirnya memegang kendali penuh pada permainan. Sementara itu, Sassuolo perlahan meredup dan tak seberbahaya di babak pertama. Skor 3-1 untuk Roma akhirnya bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Roma: Szczesny; Rudiger, Fazio, Manolas; Peres (Dzeko 60), Paredes (De Rossi 86), Strootman, Emerson; Nainggolan, Salah (Perotti 75); El Shaarawy

Sassuolo: Consigli; Letschert (Lirola 46), Acerbi, Peluso, Dell’Orco; Pellegrini, Missiroli (Ricci 69), Duncan; Berardi, Defrel (Matri 57), Politano

(nds/mfi)


Iklan