Iklan
Iklan





Roma – Juventus harus menunggu sedikit lebih lama untuk merayakan Scudetto musim ini. Pasalnya ‘Si Nyonya Tua’ bertekuk lutut 1-3 dalam lawatannya ke AS Roma.

Pada Giornata ke-36 yang dihelat di Olimpico, Senin (15/5/2017) dinihari WIB, Juve sebenarnya hanya butuh minimal satu poin untuk memastikan diri jadi juara Serie A.

Oleh karenanya mereka mengistirahatkan sejumlah pemain inti yang dipersiapkan untuk final Coppa Italia kontra Lazio tengah pekan nanti.

Keputusan itu berbuah fatal karena Juve yang sempat memimpin lebih dulu lewat Mario Lemina malah tunduk, setelah Roma memberondong tiga gol lewat Daniele De Rossi di babak pertama serta Stephan El Shaarawy serta Radja Nainggolan di babak kedua.

Tambahan tiga poin Roma ini membuat mereka mengumpulkan 81 poin dan memperpendek jarak menjadi empat poin dengan Juve (85 poin) di puncak klasemen. Dengan liga menyisakan dua pekan lagi, Roma setidaknya masih melindungi peluang juara meski terbilang sangat kecil.

Sementara Juve mau tak mau harus menunda pesta juara setidaknya sampai pekan depan kejadian menjamu tim papan bawah Crotone.

Jalannya Matchday

Juve yang punya rekor tandang cukup buruk ke Roma, satu kemenangan dari enam lawatan terakhir, coba mengambil inisiatif serangan sejak menit awal.

Pada menit ketujuh tembakan keras Kwadwo Asamoah nyaris menjebol jala Roma andaikan tak membentur mistar.

Juve jadi tim pertama yang bikin gol di matchday ini pada menit ke-21. Berawal dari umpan panjang Stefano Sturaro, Gonzalo Higuain yang lolos dari jebakan offside sukses mendapat bola itu dan mengopernya kepada Lemina.

Tanpa kawalan ketat, Lemina dengan mudah menceploskan bola ke gawang Wojciech Szczesny.

AS Roma Kalahkan Juventus 3-1 (Foto: REUTERS/Max Rossi)

Meski demikian, keunggulan Juve itu tak bertahan lama karena lima menit kemudian Roma mampu menyeimbangkan skor. Dari situasi tendangan sudut, Kostas Manolas menyundul bola yang bisa ditepis oleh Gianluigi Buffon.

Bola muntah disambar De Rossi tapi kembali bisa diselamatkan Buffon. Meski demikian, kesempatan kedua tak disia-siakan oleh De Rossi untuk menjebol jala Buffon.

Dikalahkan Roma, Pesta Juara Juve TertundaAS Roma Kalahkan Juventus 3-1 (Foto: REUTERS/Max Rossi)

Beberapa menit kemudian Szczesny juga harus berjibaku mengadang sepakan keras Higuain. Roma juga punya kans lewat tandukan Nainggolan meneruskan umpan silang Salah tapi bola diamankan Buffon.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Roma langsung menekan penjagaan Juve dan mendapat hasilnya di menit ke-57 ketika El Shaarawy menjebol jala Buffon untuk membawa timnya menang 2-1.

Dikalahkan Roma, Pesta Juara Juve TertundaAS Roma Kalahkan Juventus 3-1 (Foto: REUTERS/Max Rossi)

Menusuk dari sisi kiri, El Shaarawy menaklukkan pertahanan Stephan Lichtsteiner lewat sepakan kaki kanan dan bola sempat menyentuh pemain bertahan Juve sebelum bergulir pelan ke tiang jauh.

Belum hilang rasa terkejut atas gol El Shaarawy, Juve kembali harus kebobolan pada menit ke-65 ketika Nainggolan mencatatkannya namanya di papan skor. Lolos dari jebakan offside kejadian menerima umpan terobosan Mohamed Salah, Nainggolan dengan dingin menjebol jala Buffon.

Dikalahkan Roma, Pesta Juara Juve TertundaAS Roma Kalahkan Juventus 3-1 (Foto: REUTERS/Max Rossi)

Setelah tertinggal 1-3, Juve lantas memainkan Paulo Dybala dan Claudio Marchisio. Meski demikian usaha itu sia-sia karena penjagaan Roma begitu solid.

Juve bahkan bermain dengan 10 orang di sepuluh menit akhir karena Mandzukic tidak bisa melanjutkan laga karena cedera dan tim tamu sudah melakukan tiga pergantian.

Skor 3-1 pun jadi penutup matchday itu.

Susunan Pemain

AS Roma: Szczesny; Ruediger, Manolas, Fazio, Emerson; De Rossi, Paredes; Salah (Totti 90′), Nainggolan (Juan 78′), El Shaarawy; Perotti (Grenier 69′)

Juventus: Buffon; Lichtsteiner (Dani Alves 64′), Bonucci, Benatia, Asamoah; Lemina, Pjanic, Sturaro (Dybala 69′); Cuadrado (Marchisio 78′), Higuain, Mandzukic

(mrp/cas)


Iklan