Iklan
Iklan





London – Segera setelah ditunjuk jadi manajer modern West Ham United, David Moyes mengklaim dirinya punya catatan kemenangan oke di Premier League. Benarkah klaim itu?

Moyes menjadi manajer West Ham untuk menggantikan Slaven Bilic yang sudah dipecat. Sebelumnya, sampai Mei lalu, Moyes tercatat menangani Sunderland yang tak kuasa ia selamatkan dari degradasi.

West Ham menjadi tim Premier League keempat yang ditangani Moyes dalam kariernya, setelah sebelum ini ia juga pernah menangani Red Devils dan Everton.

Penunjukan Moyes itu sendiri bukan kejutan besar karena namanya sudah santer dikaitkan dengan West Ham. Tak sedikit fans The Hammers yang lantas merespons kedatangan Moyes ini dengan nuansa pesimistis.

Pesimisme tersebut didasari oleh minimnya kesuksesan Moyes semenjak meninggalkan Everton pada 2013. Ia dipecat MU setelah 10 bulan saja, mengalami nasib serupa di Real Sociedad, dan tidak mampu menghindarkan Sunderland dari degradasi.

Moyes tahu persis dirinya tak disambut dengan hangat-hangat amat. Lewat wawancaranya dengan talkSPORT usai resmi jadi manajer West Ham, ia pun berjuang meyakinkan para fans itu. Salah satu kalimatnya pun bernuansa promosi.

“Semoga saja saya bisa memperlihatkan kepada semua orang seperti apa diri saya ini sebenarnya. Saya mungkin memiliki salah satu catatan kemenangan terbaik di Premier League,” kata Moyes.

Pernyataan tersebut tak pelak memicu gelombang reaksi, secara special dari kalangan yang sukar percaya dengan klaim manajer yang pernah dijuluki The Chosen One itu semasa di MU.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Agar fair, mari kita menelaah lebih jauh klaim Moyes tersebut. Sejumlah poin statistik yang dipaparkan oleh Football365.com ini pun dapat menyumbang sedikit kejelasan apakah klaim Moyes memang berdasar atau justru cuma klaim sepihak.

* David Moyes sudah tiga kali meraih penghargaan Manajer Terbaik LMA. Jumlah itu cuma takluk dari empat penghargaan buat Sir Alex Ferguson.

* David Moyes memiliki catatan kemenangan terbanyak keempat di Premier League (196), cuma takluk banyak dari Harry Redknapp (227), Arsène Wenger (463), dan Sir Alex Ferguson (528).

* Harus diperhitungkan pula bahwa Moyes juga merupakan manajer dengan jumlah matchday terbanyak keempat dalam sejarah Premier League (499), cuma takluk banyak dari Harry Redknapp (693), Arsène Wenger (790), dan Sir Alex Ferguson (810).

* Sebagai manajer Premier League, David Moyes memiliki hasil seri terbanyak ketiga (135), cuma takluk banyak dari Sir Alex Ferguson (168) dan Arsène Wenger (194).

* Sebagai manajer Premier League, David Moyes juga memiliki kekalahan terbanyak ketiga (167), cuma takluk banyak dari Sam Allardyce (192) dan Harry Redknapp (237).

Di luar Premier League, ini dua poin statistik lain yang dapat memberi gambaran tambahan mengenai kiprah Moyes sebagai peracik taktik.

* David Moyes cuma memenangi 17 dari total 48 partai kandang timnya (35,4%), momen menangani tiga klub dalam periode Agustus 2013 sampai Mei 2017.

* David Moyes hanya satu kali membawa timnya meraih dua kemenangan berurutan dalam matchday di seluruh kompetisi, semenjak Maret 2015.

(krs/fem)


Iklan