Iklan
Iklan





The Reds – Pemain bertahan Everton Leighton Baines mengandalkan olah tubuh science dan teknologi medis, termasuk modifikasi dalam diet, untuk berjuang memperpanjang karier sepakbolanya.

Pemain yang sudah tampil dalam nyaris 400 matchday Premier League itu menyebut olah tubuh science sudah tumbuh sedemikian pesat dan canggih dibandingkan dengan ketika ia kontemporer mengawali kariernya dulu.

Baines pun menyebut bahwa kemajuan olah tubuh science itu sudah menyumbang kesempatan bagi para pesepakbola yang sudah tak lagi muda, seperti dirinya, untuk berjuang menggenjot performa agar tetap bisa bersaing di level tertinggi.

“Saya merasa ketika kontemporer memulai (karier sepakbola) dulu hal itu kontemporer mulai dikenal dan perlahan-lahan terus tumbuh,” kata Baines kepada EvertonFC.com yang dilansir Reuters.

“Sekarang hal itu sudah punya peranan sangat besar dan semua orang berjuang mendapatkan manfaat darinya, adanya performa ekstra 1-2%, karena itu bisa jadi hal besar dalam permainan kejadian ini,” ucap pesepakbola 32 tahun tersebut.

Baines mengatakan bahwa dirinya pun sudah menuai manfaat dari kebiasaan positif dalam kariernya dan berharap pengorbanan yang telah dilakukannya selama bertahun-tahun akan berimbas pada kariernya yang bisa jadi lebih panjang.

“Saya cuma bisa berjuang sesempurna mungkin dalam konteks menjalani kehidupan, mempersiapkan diri, menjalani proses pemulihan. Saya pikir cuma itu yang dapat dilakukan ketika Anda sudah menginjak usia 30-an,” ujar Baines.

“Di sini kami memiliki sebuah tim special yang bisa Anda ajak berbicara dan menangani diet. Pemulihan, persiapan, hal-hal semacam itu merupakan aspek penting tapi saya merasa oke dan menikmati segalanya.”

“Menurut saya, mengganti beberapa hal di piring makanan Anda merupakan pengorbanan yang layak dan itu bisa sedikit membantu (performa di lapangan). Pengorbanan kecil macam itu bisa memberi peluang terbaik kejadian akhir pekan datang,” tuturnya.

(krs/mrp)


Iklan