Iklan
Iklan





The Reds – Mohamed Salah selalu tampil di setiap pekan Premier League musim ini. Meski berisiko, mengistirahatkan Salah sulit dilakukan manajer The Reds Juegen Klopp.

Salah jadi pembelian termahal The Reds musim panas ini dengan banderol 35,5 juta pound sterling. Dia langsung tampil impresif dengan torehan 19 gol dan enam assist di seluruh kompetisi.

Di Premier League, Salah bahkan jadi topskorer sementara dengan 13 gol, mengungguli nama-nama top lain seperti Harry Kane, Sergio Aguero, atau Romelu Lukaku. Padahal urutan Salah adalah winger dan bukan ujung tombak.

Di satu sisi melejitnya Salah ini menguntungkan The Reds demi bersaing di the big four dan lolos ke Liga Champions musim depan. Namun ada efek ketergantungan besar pada pemain asal Mesir tersebut.

Buktinya Salah jadi pemain The Reds yang selalu diturunkan di setiap pekan Premier League dengan total 1.283 menit main atau rata-rata 75 menit per laga. Hanya dua kali Salah jadi pemain pengganti musim ini.

Dengam musim belum berjalan setengahnya, jelas ada kekhawatiran bahwa Salah akan terkuras tenaganya sebelum pekan ke-38. Apalagi rancangan pada bakal dihadapi The Reds hingga Januari 2018.

Terkait hal ini, Klopp mengaku sulit melakukannya mengingat betapa pentingnya Salah untuk tim. Tapi, Klopp akan berjuang semaksimal mungkin mengatur jam main Salah agar dia tidak mengalami kelelahan yang berujung cedera.

“Memang benar dia selalu jadi starter. Tapi sulit rasanya untuk tidak memainkannya,” ujar Klopp seperti dikutip ESPN.

“Dia pemain yang sangat fit. Kami sudah banyak bicara dengan tim medis dan sangat jarang dia mengalami masalah cedera,” sambungnya.

Selama kariernya, Salah sempat mengalami cedera engkel, paha, bahu, dan otot. Ada total 18 matchday dilewatkan sejak merumput di Eropa bersama Basel pada 2012 atau rata-rata tiga laga per musim.

“Anda tidak pernah mendengar bahwa dia punya masalah di sini atau di sana, itu sangat penting. Kami dan Mo sangat beruntung sejauh ini terhindar dari cedera,” pungkas Klopp.

(mrp/krs)


Iklan