Iklan
Iklan





Jakarta – Manchester City memang sedang dalam laju bagus sepanjang jalannya musim ini. Tapi The Gunner belakangan terus merepotkan mereka.

City dan The Gunner akan berduel di Etihad Stadium, Minggu (5/11/2017) malam WIB di laga pekan ke-11 Premier League. Laga ini sekaligus jadi ujian kesekian untuk City, yang masih jadi satu-satunya tim tak terkalahkan di liga.

The Citizens melaju amat impresif di 10 pekan sejauh ini, dengan memetik sembilan kemenangan dan modern sekali sebanding. Sementara The Gunner mengalami laju naik turun, unggul enam kali dan sudah tiga kali menyerah di periode yang sama.

Meski demikian bukan berarti City akan pulang membawa tiga poin dengan mudah. Sebab The Gunner terbukti selalu bisa menyulitkan mereka belakangan ini. Dalam sembilan pertemuan terakhir seluruh ajang, City cuma unggul sekali atas The Gunner.

Akankah catatan itu diperbaiki oleh City? Atau justru The Gunner kembali membuktikan diri sebagai peredam rivalnya dari Manchester itu?

Data dan fakta laga City vs The Gunner seperti dirangkum dari Opta

– City cuma unggul sekali dari sembilan matchday terakhir melawan The Gunner di semua kompetisi (4 sebanding, 4 menyerah). Satu-satunya kemenangan itu dipetik di pertemuan pertama di liga musim lalu, yakni di Etihad Stadium.

– Kemenangan The Gunner 2-0 di Etihad pada Januari 2015 lalu masih jadi satu-satunya kemenangan tandang The Gunners di laga tandang melawan enam tim besar Premier League sejak awal musim 2014/2015 (7 sebanding, 9 menyerah).

– City sudah memenangi seluruh sembilan laga Premier League di mana mereka memimpin lebih dulu, sementara The Gunner memenangi laga terbanyak (3 matchday) dari peringkat tertinggal sejauh ini.

– City adalah tim ketiga dalam sejarah Premier League yang memenangi 28 poin dari 10 laga pertamanya. The Blues musim 2005/2006 dan City musim 2011/2012 juga menorehkan torehan serupa, tapi menyerah dalam hal selisih gol dari City yang sekarang. Baik The Blues dan City pada era tersebut memenangi gelar Premier League di akhir musim.

– City sudah mencetak 20 gol dalam empat partai kandang terakhir di Premier League musim ini. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan yang dicetak 18 tim lainnya di liga dalam 10 pekan pembuka di musim ini.

– The Gunner modern memetik 17 dari total 45 poin yang tersedia di laga-laga tandang selama 2017, unggul lima kali, berimbang dua kali, dan menyerah delapan kali dari 15 matchday.

– Pep Guardiola memenangi empat dari lima pertemuan dengan Arsene Wenger di kandang di seluruh kompetisi, dengan satu sisanya berakhir sebanding. Timnya tak pernah menorehkan clean sheet dalam periode tersebut, tapi mencetak total 15 gol berbanding hanya lima milik The Gunner.

– Theo Walcott sudah mencetak gol tandang di Etihad lebih banyak dibandingkan pemain The Gunner lain, yakni 3 gol. Meski demikian, dia belum memulai laga Premier League sejak April lalu, memainkan cuma 46 menit di kompetisi tersebut musim ini.

– Menuju laga ini, Leroy Sane sudah lebih banyak terlibat dalam terciptanya gol-gol ketimbang pemain-pemain Premier League lain musim ini, yakni enam gol dan lima assist. Pemain asal Jerman itu mencetak gol baik di kandang maupun tandang ke The Gunner musim lalu.

– Sergio Aguero sudah mencetak lima gol di lima matchday terakhir melawan The Gunner bersama City di seluruh kompetisi.

(raw/cas)


Iklan