Iklan
Iklan





Manchester – Manchester City memperpanjang rentetan kemenangannya. Menjamu Tottenham Hotspur, City tampil perkasa untuk memetik kemenangan telak dengan skor akhir 4-1.

Pada matchday di Stadion Etihad yang berakhir Minggu (17/12/2017) dinihari WIB, City mengungguli Spurs 4-0 lebih dahulu. Ilkay Guendogan membuka skor yang membubuhkan skor 1-0 di paruh pertama.

Usai turun minum, City menambah tiga gol melalui Kevin de Bruyne dan Raheem Sterling (2). Christian Eriksen mencetak gol hiburan bagi Spurs di penghujung laga.

[Gambas:Sportradar]

Kemenangan ini membubuhkan kemenangan ke-16 berturut-turut bagi the Citizens. Pasukan Pep Guardiola itu kini mengoleksi 52 poin, menang 14 poin dari lawan terdekatnya Red Devils di urutan kedua. Spurs mesti terlempar ke posisi tujuh dengan 31 poin, tertinggal dua poin dari The Gunner di posisi empat.

Jalannya Matchday

Tottenham lebih dulu menyerang, tapi City yang pertama menciptakan peluang. Diawali dari pergerakan Leroy Sane di sisi kiri dengan mengirim umpan silang ke tengah kotak. Jan Vertonghen melakukan intersepsi penting agar bola tak sampai ke Sergio Aguero.

Peluang lain dari City di menit kesembilan. Tendangan bebas De Bruyne diterima Aguero yang diteruskan dengan sundulan tapi masih sedikit melebar dari gawang yang dijaga Hugo Lloris. Sementara itu, Spurs masih kesulitan menyamai permainan City.

City akhirnya bisa membuka keunggulan di menit ke-14. Tendangan sudut Sane ditanduk Guendoga, yang tidak terkawal di depan gawang. City pun memimpin 1-0 atas Spurs.

Tujuh menit berselang, City mengklaim penalti setelah Danny Rose menyorong Eliaquim Mangala momen menerima bola lambung. Aguero nyaris menciptakan gol kedua City tapi sepakannya bisa ditepis Lloris. Sterling mencecar bola rebound, namun tembakannya justru melayang jauh.

City terus-terusan mengepung Spurs. Aguero kembali memperoleh peluang, tapi tendangan mendatarnya masih melenceng. Sebelumnya Sane mampu membebaskan diri dari kawalan lini belakang Spurs, akan tetapi sentuhan pertamanya buruk sehingga memungkinkan Lloris menangkap bola.

Tottenham akhirnya menguji Ederson. Di menit ke-35, Harry Kane melepaskan sepakan melengkung dari dalam kotak penalti yang mengalahkan benteng penjaga gawang City itu. Namun, bola bergulir tipis di samping gawang.

Menjelang berakhirnya babak pertama, tusukan Aguero di sisi kanan kotak penalti dimentahkan Lloris. Bola diteruskan Guendogan dengan sepakan mendatar tapi bisa ditangkap.

Usai turun minum, Tottenham bisa keluar dari penetrasi City untuk melancarkan gelombang serangan. Namun, peluang terbaik Spurs modern terlahir setelah sepakan Kane dari luar kotak penalti memaksa Ederson menepis dengan tangan kanannya di menit ke-55.

City membuang peluang untuk menambah golnya 11 menit berselang. Sane menusuk dari sisi kiri sebelum melepaskan sepakan kencang dari dalam kotak. Lloris bisa menepis tapi bola rebound gagal dimanfaatkan Sterling usai sepakannya melambung.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu City akhirnya terlahir di menit ke-70. Dari operan Guendogan, De Bruyne menyisir sisi kanan benteng Spurs yang diakhiri dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Bola sempat mengenai tangan Lloris tapi bergulir terlalu deras sehingga bersarang di jala atas gawang. City memimpin 2-0.

Lima menit kemudian, wasit menunjuk titik putih setelah Vertonghen melanggar De Bruyne. Gabriel Jesus maju sebagai eksekutor tapi sepakannya membentur tiang. Bola rebound dicecar Sterling, namun tendangannya dari depan gawang melambung.

Sterling akhirnya mengukir namanya di papan skor. Di menit ke-80, Sterling mencetak gol ketiga City setelah mengoptimalkan umpan silang mendatar Sane dengan sontekan dari jarak dekat. City 3, Spurs 0.

Bernardo Silva nyaris menciptakan dampak instan. Berakselerasi dari sisi kiri, Silva melepaskan tembakan mendatar dari dalam kotak penalti, yang memaksa Lloris jatuh untuk menghalau bola di tiang dekat.

City masih bernafsu menciptakan lebih banyak gol. Hal itu akhirnya terwujud di menit ke-90. Sebuah umpan panjang gagal diantisipasi Eric Dier, sehingga Sterling bisa menguasai bola dengan mudah. Lloris keluar dari sarangnya, tapi Sterling bisa mengolongnya sehingga tinggal menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Di masa injury time, Eriksen memanfaatkan kelengahan barisan belakang City untuk menciptakan gol hiburan yang memperkecil skor menjadi 1-4. Kedudukan akhir matchday.

Susunan Pemain

MANCHESTER CITY: Ederson, Otamendi, Mangala, Walker, Fernandinho, Delph, Guendogan (Foden 83′), De Bruyne, Sterling, Sane, Aguero (Gabriel Jesus 57′)

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Rose (Davies 89′), Trippier, Dembele, Eriksen, Alli (Sissoko 84′), Dier, Winks, Son (Lamela 76′), Kane

(rin/cas)


Iklan