Iklan
Iklan





Jakarta – The Reds wajib mengalahkan Maribor jika ingin mempertahankan peluang lolos dari fase grup Liga Champions. Masalahnya rekor Si Merah di kompetisi sedang buruk.

The Reds memang belum terkalahkan di fase grup Liga Champions namun itu didapat setelah dua hasil seri menghadapi Sevilla serta Spartak Moskow. Momen ini Liverpool masih tertahan di peringkat kedua klasemen dengan dua poin.

Bukan start yang diinginkan oleh The Reds mengingat mereka tergabung di grup yang relatif ringan dengan hanya Sevilla sebagai rival berat. Maka dari itu laga tandang ke Maribor, Rabu (18/10/2017) dinihari IWB nanti, harus diaksimalkan betul oleh The Reds.

Meski secara kualitas tim berada di atas Maribor, The Reds tak boleh pandang remeh mengingat mereka tengah dalam tren negatif di Liga Champions. Pasalnya The Anfield Gank sudah tujuh laga terakhir tak pernah unggul di kompetisi itu.

Bisakah The Reds menuntaskannya di markas Maribor? Berikut data dan fakta terkait duel itu seperti dikutip BBC

– Ini jadi pertemuan pertama antara Maribor dan The Reds di laga kompetitif.

-Maribor hanya sekali unggul dari delapan pertemuan dengan tim Inggris di seluruh di kompetisi (2 sebanding 5 tumbang) – kemenangan 2-1 atas Wigan Athletic di fase grup Liga Europa 2013/2014. Selain itu mereka juga tidak pernah clean sheet.

– Satu-satunya pertemuan The Reds dengan klub Slovenia terjadi di Piala UEFA 2003/2004. Mereka sebanding 1-1 melawan Olimpija Ljubljana sebelum unggul 3-0 di Anfield.

– Maribor hanya unggul sekali dari 14 matchday di fase grup Liga Champions (5 sebanding 8 tumbang) – kemenangan pertama didapat pada September 1999 menghadapi Dynamo Kiev (1-0). Mereka tidak pernah mencetak lebih dari satu gol dalam 14 laga itu.

– Maribor belumk pernah unggul di kandang di fase grup Liga Champions (3 sebanding 4 tumbang). Mereka juga belum pernah mendapat kartu kuning.

– Musim ini adalah penampilan ketiga mereka di fase grup Liga Champions setelah 1999/2000 dan 2014/2015 tapi tidak pernah lolos ke fase gugur.

– Ini adalah musim ke-10 The Reds di Liga Champions dan penampilan kedua di fase grup dalam delapan tahun terakhir. Mereka belum pernah lolos dari fase grup sejak 2008/2009.

– The Reds tak pernah unggul di tujuh laga terakhirnya di Liga Champions (4 sebanding 3 tumbang), rentetan laga terpanjang tanpa kemenangan di kompetisi ini. Mereka juga gagal clean sheet di sembilan laga terakhirnya di kompetisi ini.

– The Reds hanya unggul seali dari delapan laga tandang terakhirnya di Liga Champions (4 sebanding 3 tumbang) – melawan Debrecen pada November 2009 (1-0).

– Seluruh gol The Reds di Liga Champions musim ini dicetak di babak pertama. The Reds melepaskan 29 tembakan lebih banyak ketimbang lawan-lawannya di dua laga awal musim ini (17 v Sevilla, 12 v Spartak) tapi belum pernah unggul.

– The Reds sudah kebobolan tiga gol dari empat tembakan on target yang didapat musim ini.

(mrp/din)


Iklan